Kamis, 14 November 2013

Sejarah Singkat Organisasi KOMPASS SINTANG


Defenisi atau pengertian organisasi berikut menurut beberapa ahli sesuai konsep dasar teori dan pandangan perspektif mengenai organisasi: 

Organisasi Menurut Stoner "Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah   pengarahan manajer mengejar tujuan bersama"
Organisasi Menurut James D. Mooney "Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama" 
Organisasi Menurut Chester I. Bernard "Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih"

    Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sumber daya alam merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan, karena sumber daya alam adalah penunjang sumber kehidupan bagi seluruh mahluk hidup yang ada dimuka bumi ini. Untuk itu, keadaan ekosistem harus selalu tetap stabil dan terjaga dengan dikelola secara optimal sesuai berasaskan kelesarian dan dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Generasi muda juga menjadi promotor dalam menunjang keberadaan  kelangsungan ekosistem, oleh sebab itu pendekatan diri dengan alam merupakan hal yang dapat menjadikan jati diri generasi muda sadar akan pentingnya arti sebuah kelestarian, karena mereka menjadi salah satu sektor penerus yang akan menentukan bertahan atau tidaknya kelangsungan ekosistem pada saat nantinya.

Pandangan singkat yang diuraikan diatas menjadi salah satu bagian dasar pemikiran dari beberapa generasi muda yang ada di Universitas Kapuas Sintang bersama-sama menyatukan arah pemikiran dengan satu tujuan yaitu menjaga kelestarian alam sesuai dengan azas kelestarian, sehingga terbentuklah sebuah organisasi yang bernama KOMPASS SINTANG yang singkatan dari kepanjangan Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Kapuas (KOMPASS) Sintang.


Organisasi KOMPASS SINTANG merupakan organisasi intern Kampus yang ada di Universitas Kapuas Sintang, dimana organisasi ini terbentuk  pada tanggal 28 November 1998 bertempat dipuncak Bukit Kelam Kabupaten Sintang yang didirikan oleh Sembilan (9) orang mahasiswa yang menjadi pendiri dari organisasi KOMPASS di Universitas Kapuas Sintang dengan nama angkatan yaitu “Bunda Kelam”.

Yang mana nama-namanya terdiri dari :
1.
Benyamin Dermawan
Pendiri
KPS.98.001-BK
2.
Setya Simon
Pendiri
KPS.98.002-BK
3.
Wati Kamsuri
Pendiri
KPS.98.003-BK
4.
Albeltus
Pendiri
KPS.98.004-BK
5.
Paulus Jumadi (Alm)
Pendiri
KPS.98.005-BK
6.
Petrus Dermawan
Pendiri
KPS.98.006-BK
7.
Elvis Simanjuntak
Pendiri
KPS.98.007-BK
8.
Tri Yulia Komala S.
Pendiri
KPS.98.008-BK
9.
Amiri Syahyudi
Pendiri
KPS.98.009-BK



Seiring waktu yang semakin bergulir dari terbentuknya organisasi KOMPASS SINTANG pada tahun 1998 sampai saat ini, jumlah angkatan sudah ada XV (lima belas) angkatan dengan jumlah keanggotaan mencapai 95 orang. Dalam menjalankan keberlangsungan kehidupan Organisasi  Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Kapuas (KOMPASS) Sintang juga telah melakukan beberapa kali pergantian pimpinan dan kepengurusan yang antara lain juga bertujuan sebagai penunjang berkembangnya keprofesionalan kerja regenerasi keanggotaan dalam menjalankan program-program yang ada diorganisasi, sehingga pengembangan jati diri dalam meningkatkan hard skill anggota dapat tercapai sesuai dengan maksud dan tujuan terbentuknya organisasi Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Kapuas (KOMPASS) Sintang. Dan untuk saat ini organisasi Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Kapuas (KOMPASS) Sintang dijalankan oleh pimpinan dan kepengurusan di periode 2016-2017.

Struktur Organisasi 
Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Kapuas (KOMPASS) Sintang 
Periode 2016-2017


Pembina                          : Kaja S.Sos.,M.Si  (Pembantu Rektor III Universitas Kapuas Sintang)
Ketua Umum                   : Edi  Candra                    ( NA.KPS.14.082-PB )
Sekretaris                        : Riko Prasetyo                 ( NA.KPS.14.084-PB )
Bendahara                       : Chandra Handika            ( NA.KPS.14.080-PB )

DEVISI-DEVISI
Lingkungan Hidup      : Yakobus
                                    Heri purwanto
                                    Viona
                                    Abi Aripin
Diklat                         : Charles Pratama Apriliandi
                                    Riki Kurniawan
                                    Sefti Ramadan
Litbang                       : Ikwanto
                                    Natalia F Kurnia
Humas                        : Nikodimus
                                    Robil Hidayat
                                    Julia Ateri
Logistik                      : Andrian Purnomo
                                    Petrus
                                    Marko Emtuming
                                    Lilia Rosalina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar